RSS

Kuliah Pertama di USA

03 Jun

Hello, I’m in USA now. Akhirnya bisa nge-blog lagi. Mumpung juga lagi ga ada kerjaan. Tenang homework udah beres semua. Oya hari ini hari kedua gue jadi mahasiswa. Rasanya? Hmm campuran manis, asem, asin… Oh itu nano-nano ya. Ya karena gue baru aja lulus (belom resmi sih) rasanya sih biasa aja. Kayak sekolah biasa kok. Tapi ini summer school ya, jadi lebih senggang. Gatau deh fall nanti padetnya kayak apa.

Okay, so in the first day in University, gue ngerjain 3 tes. Sadis emang nih orang pada, tapi ya gimana, itu buat nempatin gue di kelas yang mana nantinya. Jadwalnya sih harusnya pagi itu gue ada math placement test, nah terjadi miscommunication disini antara yang bikin tes sama yang bantu gue supaya jalan gue ga terlalu berliku. Ini semua karena gue telat dateng. Telat dateng ke Birmingham, AL. Oya gue ini kuliah di University of Alabama at Birmingham. Disini terkenal dengan medical nya. Gue disini hanya untuk summer. Gatau deh nanti begimana. Oke lanjut, trus paginya gue dikasih ESL Test. Itu tes Bahasa Inggris untuk anak-anak yang First Language nya bukan Bahasa Inggris. Sayang, hasil tes gue kurang memuaskan. Gue dapet kelas preparation dulu. Nah abis ini gue bolak-balik antara Hill University Center sama Campbell Hall, which is itu tempat gue preparation sebelum masuk kelas. Nah pas lagi bingung-bingung gini, gue email-emailan sama Stacye, dia itu penerima gue disini. Orangnya sungguh baik, very welcome and nice. Trus gue dibilangin hari ini gue punya Chemistry class 100. Jadi di summer ini gue cuma ambil 2 subjects. Sebenernya bisa 4, cuma gue kan baru trus telat dan belom terbiasa dengan sini, so gue reduce class nya. Chesmistry nya itu jam 1 pm. Abis itu gue disuruh ke ruangan dia. Gue ngejelasin kalo gue dapet tes ESL dan Math nya bakal besok. Eh semua diubah. Math gue dimajuin supaya bsa tau kelas gue yang mana. Untung masih ada yang nyantol-nyantol dikit. Gue dapet 2 tes. Tapi pas mau ngerjain tes, ternyata eh ternyata, Chemistry nya itu jam 11. Langsung gue lari sama Nate, he replaced my regular academic advisor and he ‘s so nice, ke tempat kelas gue berada. Pertama gue masuk kelas langsung duduk di belakang. Eh Nate manggil. Ternyata gue salah kelas hahaha, aduh Nate nih ga liat-liat dulu. Untung lah gue masih diperbolehkan masuk di kelas gue. Namanya Mr. Harville. Baru liat beberapa menit kayaknya cara ngajarnya asik, I like that. Abis itu gue balik lagi ke tes Math. Ga makan nih siang-siang. Ya jadi perut gue rada-rada ga enak. Pas tes gue ngerjain dengan santai. Semua aman terkendali. Calculus maupun Advanced Math. Hasilnya gue ditaro di kelas pre-calculus. Class ini lumayan tinggi jadi buat anak-anak Indonesia ga usah takut ke USA buat belajar. Oke jadwal gue akhirnya fix. Semua udah di set sedemikian rupa dan hasilnya, every weekdays I get one class a day. So gue punya banyak jam kosong. Entah itu buat tidur ato olahraga di Recreation Center. Ohya oke abis ini gue coba nge post tentang Recreation Center. Moga-moga bisa motret trus sempet ngeblog.

In the second day I got my Math class 105 section LA. And the lecturer is Mrs. Kravchuk. Nama yang aneh. Ini pertama kalinya gue ikut kuliah dari awal. Sangat interesting. Pagi-pagi bangunnya agak susah karena abis webcaman sama Igon, Simon, Vino, sama Aulia. Rame kemaren malem. Oke gue masuk kelas jam 8 am teng. Ga ada yang boleh telat, kalo telat langsung dibuang dari situ. Pas dateng, classmate gue banyak yang bule. Ga beberapa lama, ada juga yang item. Eh ternyata ada yang sekelas lagi sama gue. Namanya James Smith. Pas pelajaran, gue ga terlalu nyambung sama yang diomongin lecturer. Dia ngomongnya belibet dan membosankan. Kacau nih. Akhirnya ya gue liat di whiteboard aja. Abis itu kita disuruh ke lab untuk take a quiz. Tapi gue harus punya buku dulu, sayangnya gue ga punya buku. Yaudah yang ga punya buku disuruh pulang. Dan gue ketemu orang lagi, dari kelas Math yang sama. Namanya Cornelius, orang item juga. Asal Birmingham cuma lahir di Colorado. Dia bawa gue ke Sterne Library. This library is so big. PU kalah lah. Dan waktu berlalu dan gue ketemu ibu. Ayah udah pulang tadi pagi. Agak sedih sih tapi ya harus. Kita ngobrol-ngobrol banyak sama Stacye dan kita diundang ke meetingnya International Student. Gue sih oke oke aja, lumayan nambah temen. Eh sorenya gue telat dateng. Parah. Tapi gapapa mereka welcome. Dan who knows, gue yang paling muda. Bahkan gue belom cukup umur buat minum bir di Amerika. Tapi selamanya ga akan gue minum-minuman alkohol, sebisa mungkin.

Oke I think enough for today. I have class tomorrow at 11 am so see ya next time. I’ll hope you inspired by me and make your heart strong to try studying abroad. In the first time, I’m scare. Until now I’m still think of that, but put it off from your brain because it just make you always at home. And don’t forget to comeback to your country. That is your nation, you will always be your nation. Don’t forget your family and friends. Jaya Indonesia ku!!!!

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada 06/03/2011 in University

 

3 responses to “Kuliah Pertama di USA

  1. simon

    07/14/2011 at 8:37 PM

    Jaya Pertamax….

     
  2. Aji Karisma

    08/07/2011 at 1:33 PM

    mau tanya kul di Amrik biaya sendiri atau gmn nih?

     
    • pragues

      08/20/2011 at 4:36 PM

      biaya sndiri kawan. Tp lg brusaha buat dpt financial aid. Gmpang kok, tgl dpt d GPA :p

       

Tinggalkan Balasan

 
