RSS

Arsip Bulanan: Agustus 2011

Lebaran

For being Muslim, idul fitri is a big day after we fasting for one month. Sebuah kebahagiaan tentunya bagi seluruh umat islam di dunia untuk merayakan idul fitri. Awal nanya orang timur tengah, “When is idul fitri? id? aid?” Bingung gue mau ngomong apa. Soalnya kan antara Bahasa Indonesia sama Arabic beda penyebutan. “Ooooh eid, yes yes, I see.” Dan akhirnya bisa nyambung juga. Gue lumayan dapet banyak temen dari timur tengah. Di Birmingham, Alabama gue dapet beberapa temen dari Egypt alias Mesir alias Mesr’. Orang Mesirnya sih yang bilang Mesr’. Kalo di Pullman gue punya beberapa temen dari Saudi Arabia sama UAE alias Uni Arab Emirate. Ga jauh beda sih perilakunya. Ada temen gue orang arab bandel bener. Doyannya ngebut, mana mobilnya Nissan 350Z. Tapi doyan solat. Hampir semuanya suka solat, rajin. Salut deh sama mereka.

Tahun ini Ramadhan di Pullman cuma 29 hari. Jadi Lebarannya tanggal 30 Agustus. Di Indonesia malah ribut-ribut nentuin jadwal, disini udah langsung ngikutin ISNA (Islamic Society of Northern America). Di hari yang fitri ini gue mengawali hari dengan…. terlambat ke mesjid -___- Jadwal solatnya jam 7:45 am sedangkan gue bangun jam 7:30 am dan jalan kaki dari asrama ke mesjid sekitar 20 menit, belom lagi mandi dan segala macem. Alhasil gue dateng solat sama khotbah udah selesai. Padahal gue pengen banget solat disini. Paling engga denger ceramah lah. Jadinya gue dateng langsung ketemu Andika. Dia temen baru gue orang Indonesia. Andika Mulia. Udah tahun terakhir ato senior. Ngakunya asal Kediri tapi lama tinggal di Depok. Awal gue bingung, nih orang Kediri tapi kok ngomong nya gue lo. Setelah diuwek-uwek baru ketauan deh. Pas dateng gue ketemu dia sama Kamil. Kamil orang Malaysia udah lama tinggal di Pullman. Trus gue ketemu lagi sama Khaled. Nama panjangnya Khaled Al Askhari. Dia orang UAE. Gue langsung salam-salaman sama mereka. Kalo adat mereka, ga ada yang namanya mohon maaf lahir dan batin. Disini hanya menyebutkan selamat hari raya ato Eid Mubarak. Itu artinya hari Eid yang berkah. Gue langsung nyari temen-temen gue dan salam-salaman. Disini mana ada angpao ato salam tempel, wong gue bukan siapa-siapa. Gue ketemu Tony, Muhammad, banyak deh. Itu temen-temen gue yang gue temuin selama Ramadhan ini.

Awal gue dateng gue ga kenal siapa-siapa. Jadi pas Orientation langsung nyari orang yang sejenis sama gue. Maksudnya orang Indonesia ato orang Islam. Sebelumnya gue udah ke mesjid sendirian dan gue udah ketemu Syihan, orang Malaysia. Dia yang bantuin gue sebelum ga kenal siapa-siapa. Dari dia gue kenal Bang Ramon, orang Indonesia dari Aceh. Hanya sedikit orang Indonesia disini. Hampir sama kayak Birmingham cuma disini mayoritas student. Dan akhirnya gue menemukan orang Indonesia pribumi yang Islam. Ini yang bikin gue seneng.

Lanjut ke Lebaran. Abis sarapan di mesjid gue ngobrol-ngobrol dulu sama Bang Ramon sama Andika. Yah ngomongin macem-macem. Setelah beberapa lama baru kita rumah Mbak Farita. Dia nyediain makanan. Lumayan nih makan ketupat di Amerika. Ga bener-bener sih, bukan ketupat pake janur. Tapi ya gapapa lah mengobati rasa rindu sama Indonesia. Ada gule kambing sama lodeh. Tapi gue masih ngerasa ada yang kurang. Bumbunya udah pas, cuma kurang ada rasa. Akhirnya gue campur aja pake ikan teri jadi asinnya pas.

Inget lebaran jadi inget keluarga. Baru pernah ngerasain lebaran tanpa ada keluarga. Pas banget tadi malem webcaman sama mereka. Kangen jadinya. Mereka beberapa udah pada lebaran hari Selasa. Kalo dari pemerintah tanggal 31 lebarannya. Yah karena yang liat ini pasti orang Indonesia pasti tau lah ya. Padahal udah berbulan-bulan gue ga kangen sama mereka. Gue berasa nyaman disini. Tapi setelah malem itu, gue merasa kangen sama mereka. Pengen ketemu sama mereka semuanya. Ini lah rasanya merantau dan ga bisa pulang. Kangen banget sama makanan ibu. Gatau juga sih ibu masak apa engga. Tapi gue pengen ketemu mereka buat ngerayain lebaran bareng. Yah ini lah isi hati gue sekarang. Sedih tapi harus tetep jalan. Toh nanti juga ga kerasa insya allah. Dan berarti mulai sekarang gue makan udah ga ada yang gratis. Tunggu Ramadhan taun depan. Soalnya pas puasa itu mesjid selalu ada yang bawa makanan. Makanya jadi rajin ke mesjid

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 08/31/2011 in USA

 

Transfer ke Washington State University

Udah lama ga updet lagi nih di blog. Sekalinya updet gue udah di Pullman deh. Oke ceritanya lumayan panjang, tapi ga sepanjang Harry Potter kok yang sampe 7 buku. Dari dulu gue mau ngambil major Food Science, ato mungkin di Indonesia sering dibilang teknologi pangan. Engga dari dulu juga sih, berawal dari kegalauan gue mencari jati diri untuk masa depan. Awal gue mau masuk teknik kimia. Dan tujuan gue ITB. Ortu udah ngasih kebebasan buat gue buat kemana nantinya gue melanjutkan studi, termasuk studi ke luar negeri. Gue dengan amat sangat bijaksana memilih ITB karena, katanya, biaya sekolah bisa murah. Jadi gue berusaha buat banting tulang buat mencapai situ. Tapi gue memang masih ada keinginan buat studi ke luar negeri. Awal juga ga kebayang bisa nyentuh tanah Amerika. Oke lanjut ke cerita awal. Tapi gue mikirnya itu teknik kimia ada hubungannya sama makanan. Pas gue uwek-uwek kesana-kemari, makanannya itu cuma sedikit banget, sedangkan gue ga terlalu suka sama gas metane ato bensin. Ya, teknik kimia itu lebih kearah kimia karbon. Yah gue emang seneng kimia, gue juga ngerti karbon-karbon begituan, tapi gue merasa gue kurang sreg sama karbon-karbon yang menghasilkan reaksi kalo dibakar. Dan gue bertemu Pak Darwin, guru PKN gue, sekaligus guru BK tempat konsultasi buat kuliah. Guru BK nya bukan buat gaji, cuma buat informasi ke siswa. Kalo guru BK nya yang asli… Yah jangan ditanya deh, nongol aja ga pernah. Tes psikotes juga setengah-setengah. Kayak kopi torabika dong, susunya full ga setengah-setengah. Eh maaf jadi iklan, btw lama ga liat iklan Indonesia. Lanjut lagi. Gue konsultasi ke Pak Darwin, “Pak, saya mau teknik kimia tapi tekniknya lebih ke arah makanan pak, gimana ya?” Dia jawab, “Ah kamu maunya apa dong bwikikikiikik.” Itu tawa khasnya dia. Dia nganjurin gue buat ambil teknologi pangan. Dia tawarin IPB ato UNPAD. Nah dari situ gue udh ada gambaran nih. Dan hati gue terasa membara setelah tau jurusan itu. Pulang dari asrama gue langsung bilang ke ortu kalo gue mau jurusan itu. Gue juga ngasi option dua university itu. Ortu agak kurang yakin, tapi gue udah terlalu bersemangat. Akhirnya gue nanya temen bokap gue yang kerja di bank. Mungkin dia tau antara dua itu yg lebih sering dapet tawaran kerja yang mana, dan dia bilang IPB. Oke semangat gue makin berkobar masuk IPB. Tapi tetep ortu ga yakin sama pilihan gue. Sempet cekcok tuh disitu. Akhirnya ortu ngasih penjelasan, “kalo bisa yang lebih bagus, kenapa engga.” Yah memang IPB terkenal dengan Institut Perbankan Bogor, bukan Pertanian. Udah ada contoh dari keluarga gue. Om dan tante gue ada yang lulusan IPB. Mereka berkarir dibidang yang sangat jauh dari ilmu yang mereka pelajari. Mereka belajar kedokteran hewan, tapi hasilnya jadi kerja di asuransi. So I clearly know why my parents not sure about my decision. Dan pilihan gue jatuh di Amerika.

Yah UAB bukan pilihan pertama gue. Ada beberapa offer dari Mr. Kurniawan, btw dia yang bantu gue ke amerika. Dan UAB yang termurah dari yang lain. Murah murahnya amerika, tetep masih murah Indonesia. Tapi ortu udah kasih lampu hijau ya kenapa ga diambil. Awal gue ngejar UAB juga karena dia yang ngasih I-20 pertama kali. I-20 ini surat untuk mengajukan visa, surat ini tanda bahwa kita udah diterima oleh institusi pendidikan. Dan gue juga mau ngambil summer classes. Karena waktu udah mepet juga ya jadi masuk situ dulu. Tapi di UAB ga ada Food Science. Nah ini yang jadi masalah. Kalo di UAB ada food science sih gue bakal tetep disana. Udah pewe sih. Setelah cari-mencari University yang ada gue Food Science nya, akhirnya pilihan kita jatuh ke Washington State University.

Dan sekarang gue udah di WSU. Tempatnya nyaman banget buat belajar. Jauh dari kerumunan. Ga kayak UAB yang di downtown kota terbesar di Alabama. Pullman hanya kota kecil yang setengahnya adalah University. Adem disini, ga kayak Birmingham. Saljunya pun ga tahan, menurut berita begitu. Transcript gue udah ditransfer semua. Lumayan kan jadinya udah nyicil 6 credits. Oiya bagi yang hanya mengenal SKS, credit hours sama kayak SKS. Kebanyakan kelas bernilai 3 credits. Gue sendiri merasa nyaman pindah di Pullman. Kotanya aman. Dan yang paling gue seneng, ada mesjid deket dan orang-orangnya ramah-ramah. Gue juga menemukan satu orang Indonesia yang Islam dan dia berkeluarga. Keluarganya tinggal di Pullman juga. Gue ga sabar buat masuk kuliah. Lumayan padet jadwalnya tapi mudah-mudahan menikmati.

Bagi kawan-kawan yang masih bingung akan pilihan hidup. Janganlah menyerah. Cari yang apa kalian seneng. Jangan ikutin orangtua. Jujur orang tua gue ngasih gue kebebasan. Bahkan mereka gatau apa itu Food Science. Gue sendiri juga masih ingin mencari tahu, makanya gue pilih ini. Dan karena passion gue ada di makanan. Kadang kita ga menyangka hobby bisa jadi pekerjaan. Yah itu terjadi kok. Musisi, atlet, seniman, smuanya kan berawal dari hobby. Yah kebanyakan kita terhalau oleh orang tua. Gue patut bersyukur bisa memilih jalan gue sendiri, walaupun juga gue masih belom jelas jalan yang gue ambil, tapi gue udah merasa senang berada di jalan ini. Kawan, janganlah menyerah mencapai yang kau inginkan. Inget, memang sukses belum tentu uang akan ikut berjalan, tapi kalo kalian mengikuti apa kata hati, kalian akan mendapat kesenangan bekerja nantinya. Jangan takut miskin, orang miskin ada rejekinya juga kok. Tuhan udah ngatur itu. Asal berani ambil resiko, kalian bakal mendapat hal yang lebih besar dari yang kalian bayangkan. Kalo dibilang, tinggal sendiri di amerika tanpa keluarga itu resiko tinggi loh. Tapi gue menemukan kesenangan sendiri disini. Dan gue yakin, setelah lulus dari sini gue bakal bisa lebih dari bokap gue, btw itu cita-cita gue. Bisa lebih dari ayah. Jadi kalian yang masih bingung pilihannya salah apa engga, ga usah takut. Asal kalian denger kata hati kalian dan berani ambil resiko, dijamin deh sukses menunggu dan keran uang siap. Gampang kok cari yang sesuai dengan hati, pasti ada deh satu ato dua hal yang bikin lo curious banget buat ngerjainnya ato menelaahnya ato mencari tahu tentangnya, nah itu kata hati lo.

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 08/20/2011 in University