RSS

Lebaran

31 Agu

For being Muslim, idul fitri is a big day after we fasting for one month. Sebuah kebahagiaan tentunya bagi seluruh umat islam di dunia untuk merayakan idul fitri. Awal nanya orang timur tengah, “When is idul fitri? id? aid?” Bingung gue mau ngomong apa. Soalnya kan antara Bahasa Indonesia sama Arabic beda penyebutan. “Ooooh eid, yes yes, I see.” Dan akhirnya bisa nyambung juga. Gue lumayan dapet banyak temen dari timur tengah. Di Birmingham, Alabama gue dapet beberapa temen dari Egypt alias Mesir alias Mesr’. Orang Mesirnya sih yang bilang Mesr’. Kalo di Pullman gue punya beberapa temen dari Saudi Arabia sama UAE alias Uni Arab Emirate. Ga jauh beda sih perilakunya. Ada temen gue orang arab bandel bener. Doyannya ngebut, mana mobilnya Nissan 350Z. Tapi doyan solat. Hampir semuanya suka solat, rajin. Salut deh sama mereka.

Tahun ini Ramadhan di Pullman cuma 29 hari. Jadi Lebarannya tanggal 30 Agustus. Di Indonesia malah ribut-ribut nentuin jadwal, disini udah langsung ngikutin ISNA (Islamic Society of Northern America). Di hari yang fitri ini gue mengawali hari dengan…. terlambat ke mesjid -___- Jadwal solatnya jam 7:45 am sedangkan gue bangun jam 7:30 am dan jalan kaki dari asrama ke mesjid sekitar 20 menit, belom lagi mandi dan segala macem. Alhasil gue dateng solat sama khotbah udah selesai. Padahal gue pengen banget solat disini. Paling engga denger ceramah lah. Jadinya gue dateng langsung ketemu Andika. Dia temen baru gue orang Indonesia. Andika Mulia. Udah tahun terakhir ato senior. Ngakunya asal Kediri tapi lama tinggal di Depok. Awal gue bingung, nih orang Kediri tapi kok ngomong nya gue lo. Setelah diuwek-uwek baru ketauan deh. Pas dateng gue ketemu dia sama Kamil. Kamil orang Malaysia udah lama tinggal di Pullman. Trus gue ketemu lagi sama Khaled. Nama panjangnya Khaled Al Askhari. Dia orang UAE. Gue langsung salam-salaman sama mereka. Kalo adat mereka, ga ada yang namanya mohon maaf lahir dan batin. Disini hanya menyebutkan selamat hari raya ato Eid Mubarak. Itu artinya hari Eid yang berkah. Gue langsung nyari temen-temen gue dan salam-salaman. Disini mana ada angpao ato salam tempel, wong gue bukan siapa-siapa. Gue ketemu Tony, Muhammad, banyak deh. Itu temen-temen gue yang gue temuin selama Ramadhan ini.

Awal gue dateng gue ga kenal siapa-siapa. Jadi pas Orientation langsung nyari orang yang sejenis sama gue. Maksudnya orang Indonesia ato orang Islam. Sebelumnya gue udah ke mesjid sendirian dan gue udah ketemu Syihan, orang Malaysia. Dia yang bantuin gue sebelum ga kenal siapa-siapa. Dari dia gue kenal Bang Ramon, orang Indonesia dari Aceh. Hanya sedikit orang Indonesia disini. Hampir sama kayak Birmingham cuma disini mayoritas student. Dan akhirnya gue menemukan orang Indonesia pribumi yang Islam. Ini yang bikin gue seneng.

Lanjut ke Lebaran. Abis sarapan di mesjid gue ngobrol-ngobrol dulu sama Bang Ramon sama Andika. Yah ngomongin macem-macem. Setelah beberapa lama baru kita rumah Mbak Farita. Dia nyediain makanan. Lumayan nih makan ketupat di Amerika. Ga bener-bener sih, bukan ketupat pake janur. Tapi ya gapapa lah mengobati rasa rindu sama Indonesia. Ada gule kambing sama lodeh. Tapi gue masih ngerasa ada yang kurang. Bumbunya udah pas, cuma kurang ada rasa. Akhirnya gue campur aja pake ikan teri jadi asinnya pas.

Inget lebaran jadi inget keluarga. Baru pernah ngerasain lebaran tanpa ada keluarga. Pas banget tadi malem webcaman sama mereka. Kangen jadinya. Mereka beberapa udah pada lebaran hari Selasa. Kalo dari pemerintah tanggal 31 lebarannya. Yah karena yang liat ini pasti orang Indonesia pasti tau lah ya. Padahal udah berbulan-bulan gue ga kangen sama mereka. Gue berasa nyaman disini. Tapi setelah malem itu, gue merasa kangen sama mereka. Pengen ketemu sama mereka semuanya. Ini lah rasanya merantau dan ga bisa pulang. Kangen banget sama makanan ibu. Gatau juga sih ibu masak apa engga. Tapi gue pengen ketemu mereka buat ngerayain lebaran bareng. Yah ini lah isi hati gue sekarang. Sedih tapi harus tetep jalan. Toh nanti juga ga kerasa insya allah. Dan berarti mulai sekarang gue makan udah ga ada yang gratis. Tunggu Ramadhan taun depan. Soalnya pas puasa itu mesjid selalu ada yang bawa makanan. Makanya jadi rajin ke mesjid

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 08/31/2011 in USA

 

Tinggalkan Balasan

 
